4 Daftar Pekerjaan Rumah Untuk Anak

Bicarawanita.com - Sekarang ini saya perhatikan sudah banyak sekali ibu rumah tangga yang tidak lagi menggunakan jasa asisten rumah tangga. Ibu rumah tangga jaman sekarang sepertinya cenderung lebih mandiri dibanding jaman ibu-ibu kita dulu karena keadaan. Ya kerja kantoran, ya ngurus anak sendiri, masak, mencuci baju, dll. Mereka lebih suka menyewa jasa asisten rumah tangga PP (pulang pergi) dengan alasan privasi, gak ribet, lebih murah. Tapi kamu bukanlah superwoman, bagaimanapun hebatnya, kamu tetap butuh bantuan terutama dari anggota keluarga sendiri seperti suami dan anak-anak. 

Mengajak anak kamu membantu pekerjaan rumah tangga tidak hanya akan membuatnya menghormati tempat tinggalnya dan pekerjaan yang kamu lakukan sebagai orangtua, tetapi menurut situs FamilyEducation.com, juga akan membantunya mempelajari keterampilan seperti kemandirian dan tanggung jawab. Tugas kamu adalah memberikan pekerjaan rumah tangga pada anak sesuai dengan usia dan jadwal sekolahnya. Mereka harus menyediakan waktu setiap hari untuk membantu beberapa tugas rumah, agar mereka tidak manja dan terus-terusan minta dilayani oleh kamu. Lihat daftar tugas dibawah ini yang disarankan sesuai usia anak.

1. Membereskan Mainan, Buku dan Krayon: Untuk Usia 2 Tahun Keatas

Sangat penting untuk mengajarkan anak kamu bahwa barang-barang harus dikembalikan ke tempat semula setelah ia selesai menggunakannya. Dengan demikian, ia akan belajar berbagi ruangan dengan orang lain dan kita semua harus bekerja sama agar tetap rapi. Dia juga akan belajar apabila ia sudah membuat rumah berantakan, seperti menarik buku-buku dari rak buku, akan ada konsekuensinya (yaitu harus dikembalikan lagi) sehingga lain kali ia bisa mengendalikan dirinya. Para balita secara alami cenderung meniru orangtua mereka dan seringkali senang berpartisipasi membantu ibu membereskan barang. Tugas lainnya yang bisa mereka kerjakan:

  1. Membantu kita membereskan tempat tidur
  2. Memberi makan hewan peliharaan
  3. Memilih baju sendiri untuk dipakai
  4. Memilah warna baju yang akan di laundry

2. Menata dan Membersihkan Meja Makan: Untuk Usia 4 Tahun Keatas

Waktu makan sering kali merupakan waktu tersibuk dalam keluarga. Buatlah waktu makan kamu menjadi aktivitas keluarga dengan melibatkan anak-anak. Pada usia empat atau lima tahun, anak dapat menata meja dan membawa mangkuk makanan yang tidak terlalu besar dan tidak berkuah – agar aman, beri mereka mangkuk yang dingin seperti salad — ke meja makan. Ia juga bisa membantu membersihkan meja makan setelah acara makan usai, tentunya tetap dibawah pengawasan kamu. Tugas lainnya yang bisa mereka kerjakan:

  1. Membawa barang belanjaan
  2. Membantu menaruh barang belanjaan
  3. Membersihkan debu di perabotan
  4. Mengocok adonan kue

3. Merawat Hewan Peliharaan: Untuk Usia 6 tahun Keatas

Merawat hewan peliharaan keluarga (terutama jika itu hewan peliharaan anak sendiri) adalah tugas penting untuk belajar tanggung jawab. Sangat penting bagi seorang anak untuk belajar bahwa hewan peliharaan adalah tanggung jawab jangka panjang, bukan mainan yang bisa dibuang kapan saja. Jadi entah itu mengganti jerami di kkamung kelinci atau membersihkan baki kotoran kucing, pastikan anak kamu ikut terlibat sehingga ia memahami proses menjaga hewan peliharaannya agar selalu bersih dan bahagia. Tugas lainnya yang bisa mereka kerjakan:

  1. Membuang sampah keluar
  2. Melipat baju dan menaruhnya di dalam lemari
  3. Menjemur baju
  4. Merapikan sepatu-sepatu dan menaruhnya di rak lemari

4. Membereskan Kamarnya Sendiri: Untuk Usia 9 Tahun Keatas

Pada usia 9 tahun, anak kamu harusnya sudah mampu melakukan semua tugas (seperti menyapu, mengganti seprei, dan sebagainya) yang dibutuhkan untuk menjaga agar kamarnya tetap bersih. Untuk menghindari argumen, pilih waktu yang ditetapkan setidaknya sekali seminggu saat anak kamu harus membersihkan kamarnya. Agar anak kamu termotivasi, coba ubah tugas tersebut menjadi sebuah permainan, seperti misalnya putar lagu-lagu kesayangannya, lalu ajak ia membereskannya kamarnya sebelum lagu-lagu tersebut usai. kamu bahkan bisa ikut bernyanyi bersama saat ia membersihkan. Tugas lainnya yang bisa mereka kerjakan:

  1. Membantu mencuci mobil
  2. Menyiram tanaman
  3. Memotong sayur
  4. Membersihkan jendela