Manfaat Sholat bagi Wanita Hamil

Manfaat Sholat bagi Wanita Hamil - Sebagai muslim, tentu saja setiap hari kita shalat.Ternyata shalat yang kita lakukan sangat bermanfaat terutama bagi wanita hamil.

Manfaat Sholat bagi Wanita Hamil. Shalat adalah salah satu ibadah yang paling utama dalam islam, ibadah yang kelak di akhirat dihisab pertama kali. Ibadah yang merupakan dzikir paling besar dan kebutuhan umat Islam terhadap Robbnya. Istirahat ternikmat dalam hidup. Kewajiban yang berwujud kebutuhan ini sangat penting bagi manusia. Karena dengannya kita senantiasa mengingat-Nya dan berdoa kepada-Nya. Belum lagi, baru-baru ini ditemukan hikmah dan manfaat yang banyak sekali dari gerakan shalat untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Sholat bagi Wanita Hamil. Sejumlah studi medis modern membuktikan bahwa gerak badan dan olah raga seperti shalat banyak memberikan manfaat bagi ibu hamil. Gerakan tubuh juga berguna bagi proses persalinan. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil yang terbiasa melakukan gerakan jasmani secara rutin, maka akan menurunkan angka kematian ibu saat melahirkan. Apalagi saat shalat unsur jasmani dan ruhani bersatu, sehingga sangat positif bagi ibu dan calon janinnya.

Ruku’ dengan posisi yang benar akan memberikan manfaat.

Menjaga melekatnya tulang tungging dengan tulang belakang sehingga persendian menjadi licin. Bagi wanita, jika tulang tungging melekat dengan tulang belakang, maka mengakibatkan persendian kaku dan tulang pinggul menyempit sehingga sulit melahirkan.Dapat memperbaiki letak bayi yang kurang baik bagi ibu yang sedang hamil, sehingga pada saat melahirkan tidak mengalami patah tulang tunggingnya.

Sujud dengan posisi yang benar akan berpengaruh positif pada tubuh

Otot menjadi kuat, limpa terpijit sehingga aliran darah menjadi lancar karenanya.Berkembangnya otot dada bagi wanita, sehingga menghasilkan buah dada yang sempurna bentuknya.

Duduk tahiyat dengan posisi yang benar mengandung banyak manfaat

Duduk tahiyat yang benar akan memperkuat bagian-bagian kemaluan, sehingga di saat melahirkan tidak mudah terjadi kerobekan. Dengan demikian juga terjaganya tiga lubang yang sangat berdekatan. Tiga lubang tersebut adalah saluran kencing, lubang senggama, lubang dubur atau poros. 

Dr.Jamal Elzaky dalam bukunya: Induk Mukjizat Kesehatan Ibadah, menyebutkan manfaat shalat bagi ibu hamil antara lain:
  1. Melenturkan dan menguatkan berbagai jaringan otot dan pembuluh darah
  2. Melenturkan ruas-ruas tulang belakang
  3. Menguatkan persediaan tulang panggul dan jaringan otot perut yang berperan besar dalam proses kehamilan da persalinan
  4. Melancarkan aliran darah dalam jantung  yang kemudian dialirkan melalui pembuluh vena dan pembuluh arteri, dengan demikian janin dalam rahim mendapatkan asupan makanan  cukup yang dibawa oleh darah
  5. Menghilangkan kegelisahan dan rasa sakit akibat kehamilan serta menguatkan kepercayaan diri
  6. Pengendalian atas seluruh tubuh dan meningkatkan kemampuan berpikir serta kekuatan memori
Inilah hikmah kesehatan sholat bagi wanita hamil, semoga dengan semua ini dapat menambah khasanah kita, menambah keyakinan, menambah kekuatan dan motivasi untuk ibadah kepada Allah. Tetapi jangan pula karena alasan kesehatan semata sehingga kita shalat. Dalam Islam, kita harus bekerja, beramal semata-mata mencari Ridha Allah SWT.